Photo

Sedikit Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia

by Wida Yodik

Minyak mentah dunia mengalami sedikit kenaikan harga dalam perdagangan akhir pekan ini, walau secara mingguan tercatat masih memperlihatkan penurunan. Kenaikan harga minyak mentah berjangka ini terjadi kala OPEC berkemungkinan besar menyepakati perpanjangan kebijakan penurunan produksi minyak. Kebijakan untuk mengurangi berlebihnya pasokan minyak dunia.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Sabtu (29/4/2017) data menunjukkan bahwa harga minyak mentah mingguan terhitung tetap menyusut. Tetapi di akhir pekan ini, ada kenaikan harga minyak mentah AS sebesar 36 sen yang lalu bertahan [ada level USD49,33 per barel, usai sempat berada di level terbaik USD49,76.

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka, Brent yang dijadikan patokan Internasional mengalami kenaikan 29 sen ke 51,73 per barel. Kedua indikator ini dipungkas oleh penurunan mingguan sekaligus bulanan. Kontrak berjangka Brent masih lebih aktif dalam pengiriman bulan Juli yang ditutup di USD52.05 kemarin atau naik 23 sen.

Jajak pendapat kalangan ekonom dan analis yang dibuat Reuters memperlihatkan bahwa OPEC kemungkinan akan memperpanjang pengurangan produksi itu, dapat disimpulkan persediaan global sampai akhir tahun masih terkendali.

OPEC sedianya akan menggelar pertemuan di bulan Mei mendatang guna membahas kebijakan pasokan minyak. Mohammad Barkindo selaku Sekretaris Jenderal OPEC menyebut seluruh anggota mengharap pekan ini bisa melihat hasil pengurangan sediaan minyak global. Sedangkan kalangan investor berharap bahwa produsen minyak dunia bisa meneruskan pengurangan pasokan hingga paruh kedua 2017.

Related Articles