Photo

BI Buka Transaksi Swap Lindung

by Superadmin

Pada Senin, (23/10) Bank Indonesia (BI)  mengumumkan rencana mereka untuk membuka transaksi swap lindung kepada Bank Indonesia dalam bentuk mata uang non Dollar Amerika Serikat (AS) untuk mata uang Euro. Seperti yang dimuat dalam pengumuman, transaksi swap ini mulai berlaku pada Rabu, 25 Oktober 2017

Penambahan jenis valuta asing yang digunakan dalam transaksi swap lindung nilai kepada Bank Indonesia dilakukan agar bisa meningkatkan beragamnya sumber pembiayaan untuk kegiatan ekonomi dalam negeri.

Waktu transaksi swap lindung nilai kepada Bank Indonesia dalam bentuk Euro (Non Dollar AS) dilaksanakan satu kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Rabu mulai Pukul 14.00 – 16.00 WIB. Nantinya bank bisa mengajukan transaksi swap lindung nilai kepada BI dalam bentu EUR dengan pengajuan nominal minimum € 1 juta dengan kelipatan penawaran sebesar € 100.000. nantinya BI sudah menyiapkan tenor tiga sampai enam bulan.

Bank bisa mengajukan transaksi tersebut dengan menyampaikan dasar kebutuhan atau underlying transaksi. Aturan tersebut sudah tertera dalam Peraturan Bank Indonesia No.18/8/2016 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 15/17/PBI/2013 tentang Transaksi Swap Lindung Nilai kepada Bank Indonesia.

Dengan langkah ini diharapkan bisa mendukung kegitan investasi dan perdagangan internasional yang terdiversifikasi dalam berbagai macam mata uang

 

 

Related Articles