Photo

Petani Garam Sambut Positif Perluasan Lahan PT Garam

by Superadmin

PT Garam yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan jika mereka kini akan melakukan penambahan lahan tambak baru seluas 225 hektare (ha). Rencananya lahan baru ini akan ditambahkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini PT Garam masih menunggu administrasi penggunaan lahan. Namun ditargetkan, pengurusan lahan ini akan rampung dalam sebulan ini.

Perluasan lahan tambak dilakukan untuk meningkatkan produksi garam in farm milik PT Garam. Dengan tambahan lahan tersebut bisa menghasilkan 100 ton per ha tiap panen. Penambahan lahan ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Menanggapi hal tersebut, petani dan industri pengolah garam sangat menyambut positif rencana perluasan lahan garam tersebut. Petani sudah menyampaikan ketersediaan mereka untuk menggarap lahan tersebut asal sudah ada kepastian pembeli.

Asosiasi Petani Garam Rakyat Indonesia (APGRI) mengatakan, jika dibandingkan dengan industri, para petani sudah memiliki pengalaman dalam mengolah lahan garam. Swasta masih belum mempunyai pengetahuan lebih luas dalam melakukan pertanian garam

Lahan baru di NTT memiliki prospek yang baik. Garam yang dihasilkan pun lebih baik dibandingkan garam Madura. Lahan baru tersebut harus digarap dengan kerjasama yang baik antara petani dan industri swasta. Hal itu disebabkan industri pengolah garam memiliki teknologi untuk mengolah garam.

 

Related Articles