Photo

KPPU- Perusahaan Unggas Harus Jalankan Kemitraan Dengan Peternak Lokal

by Superadmin

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendorong perusahaan besar untuk menjalin kemitraan yang adil. Beberapa yang disorot adalah perusahaan yang bergerak disektor perunggasan. Saat ini ada banyak peternak mandiri dan perusahaan yang berada dalam industri perunggasan di Indonesia.

KPPU menginginkan adanya model kemitraan yang seimbang, dimana para peternak mandiri dengan skala besar ataupun kecil bisa tumbuh bersama dengan perusahaan unggas besar. Sebab saat ini kemitraan yang terjalin masih belum berjalan dengan baik.

Dalam sektor perunggasan, masih terdapat peternak yang sudah bermitra dan ada juga yang masih mandiri. Dalam lini bisnis unggas sangat diperlukan efisiensi budidaya dimana itu sangat tergantung pada pakan, kualitas DOC, sapronak dan manajemen kandang. Hal tersebut sangat sulit dilakukan, sehingga memerlukan perusahaan besar yang bertindak sebagai pembina.

KPPU mengharapkan ada pembinaan yang dilakukan perusahaan besar kepada pengusaha kecil agar bisa menjadi peternak yang kuat, bukan model mengeksploitasi. Dengan adanya kemitraan tentu peternak dapat terbantu karena diberikan berbagai keuntungan, mulai dari ketersediaan pangan, pembinaan, hingga hasilnya dapat terserap dengan baik.

Seperti yang sudah dilakukan oleh PT Ciomas Adisatwa, salah satu anak perusahaan dari Japfa Comfeed Indonesia. Yang sudah menjalankan kemitraan, dalam kemitraan tersebut perusahaan memberikan modal sekitar 80%, anntinya peternak hanya perlu menyediakan kandang dan tenaga kerja.

Diharapkan perushaaan besar juga bisa melakukan hal yang sama. Sehingga sektor perunggasan bisa semakin berkembang. Dan peternak rakyat juga bisa mencapai kesejahtraan.

Related Articles