Photo

Harga Tinggi Jadi Kendala Bulog Kesulitan Serap Beras

by Superadmin

Saat ini harga beras dipasaran terpantau masih cukup tinggi. Hal tersebut membuat Perum Bulog kesulitan untuk bisa memenuhi target serapan beras pada tahun ini. sebelumnya Bulog juga sempat menaikan harga beli agar bisa melakukan penyerapan beras. Saat ini saja harga Gabah Kering giling (GKG) harganya sudah diatas harga beli dari Bulog.

Harga GKG ditingkat petani saat ini sudah menembus Rp 6.400 per kilogram. Dengan harga tersebut jika dijadikan beras bisa mencapai harga Rp 11.000 perkg. Oleh sebab itu beras yang dijual nantinya akan dijadikan sebagai beras premium karena harga sudah tidak masuk untuk kategori beras medium.

Walau begitu, Bulog membantah jika dikatakan stok beras saat ini tidak ada. Stok beras diklaim masih mencukupi walaupun terkadang masih kekurangan untuk beras kualitas medium. Saat ini panen beras oleh petani masih normal, walaupun sebelumnya sempat ada serangan hama wereng, tetapi tidak terhitung jumlahnya.

Dibeberapa daerah kini sudah dilakukan penanaman padi. Diperkirakan pada Februari 2018 sudah ada panen di beberapa daerah. Panen raya baru akan berlangsung di Bulan Maret, April dan Mei 2018.

Stok beras Bulog saat ini masih aman. Berdasarkan data Bulog, realisasi pengadaan beras oleh Bulog hingga 20 Oktober 2017 mencapai 2,04 juta ton. Angka ini cukup untuk mencukupi kebutuhan selama 5 bulan terakhir sebelum masa panen

 

Related Articles