Photo

Program UMKM Baru : Gaslink Dari PGN

by Wida Yodik

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dengan anak perusahaannya PT Gagas Energi Indonesia saat ini tengah melakukan penelitian serta uji coba pemasaran dan penyaluran produk gas bumi terbarunya (CNG / Compressed Natural Gas) bernama Gaslink.

Gaslink sendiri merupakan produk gas bumi yang diproses menajdi CNG yang akan didistribusikan melalui kendaraan bermotor dan diantar langsung kepada pelanggan untuk wilayah-wilayah ynag belum ada pipa gas bumi.  Saat ini uji coba sudah dilakukan kepada beberapa UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dibeberapa wilayah seperti Hotel Semerset, Hotel Dharmawangsa, Rumah Makan Ayam Goreng Suharti, Kimia Farma, Top Yammie dan masih banyak yang lainnya. Jadi sederhananya, Gaslink adalah inovasi penyaluran gas tanpa melalui pipa gas untuk menjangkau pelanggan / pebisnis komersial industry skala menengah yang belum terjangkau jalur pipa gas bumi yang ada saat ini.

Dilo Seno Widagdo, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, mengatakan : “Paling tidak konsumen bisa menghemat penggunaan gas sekitar 20% dibandingkan dengan menggunakan gas tabung elpiji 12 Kg. Dia juga menambahkan bahwa sampai saat ini uji coba penyaluran Gaslink sudah sampai ke beberapa kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Batam dan Lampung.

Beberapa keuntungan yang didapatkan dari penggunaan Gaslink adalah dalam hal kebersihan, efisien, serta ramah lingkungan karena tidak perlu menunggu pembangunan pipa gas bumi yang pastinya memerlukan dana yang besar serta waktu yang relative lama.

Seno juga menjelaskan bahwa : “Harga Gaslink akan sangat kompetitif daripada tabung gas 12 Kg. Harga Elpiji 12 Kg sekarang sekitar Rp. 150.000, jadi per Kg-nya sekitar Rp. 12.500, pasti produk baru kami lebih murah dari harga tersebut”.

“Apalagi, dengan penggunaan Gaslink pastinya akan mempu menekan impor LPG yang selama ini kita lakukan, saying sekali sekarang kita malah mengekspor gas dengan harga murah, sementara impor gas dari luar negeri harganya sangat mahal”, Imbuhnya.

Related Articles