Photo

Bulog Surakarta Realisasi Pengadaan Beras Sebesar 64.045 Ton

by Wida Yodik

Bulog Surakarta, Jawa Tengah, hingga tanggal 14 November 2017 telah merealisasikan pengadaan beras dengan menyerap gabah panen petani mencapai 64.045 ton beras. Bulog Surakarta berkomitmen akan mengoptimalkan penyerapan beras didaerah jawa tengah dengan melakukan berbagai strategi.

Titov Agus Sabelia, Kepala Perum Bulog Subdivre III Surakarta mengatakan kepada media Antara bahwa : “Kami bersama-sama dengan Bulog Surakarta akan berusaha keras untuk memenuhi target tahun ini, meskipun pada musim paceklik penyerapan beras tidak bisa maksimal”.

Menurutnya, jumlah penyerapan beras didaerah jawa tengah terbanyak dilakukan oleh Gudang Bulog Duyungan, Sragen dengan total 12,214 ton setara beras, kemudian Gudang Klikilan Masaran dengan total 10,082 ton, dan yang terakhir adalah Gudang Meger Klaten dengan total 10,197 ton.

Jika digabungkan dengan 6 gudang lainnya di wilayah surakarta, akan menghasilkan rata-rata pengadaan beras tahun ini sekitar 6,000 ton.

Titov juga mengungkapkan bahwa dengan sisa waktu yang hanya satu setengah bulan pada akhir tahun ini, pihaknya akan memaksimalkan mitra kerja bersama dengan Bulog surakarta serta para petani agar tetap menyetorkan gabah/ berasnya meski kondisi cuaca sering hujan, apalagi dampak yang muncul adalah harga di tingkat petani lebih tinggi daripada dengan harga yang sudah dipatok oleh pemerintah.

Dia memperkirakan bahwa dalam sisa waktu yang sedikit pada akhir tahun ini, Bulok akan dapat menambah pengadaan 100 hingga 150 ton setara beras. Titov kembali mengatakan “Kami dibantu mitra kerja akan terus berusaha memaksimalkan pengadaan pangan semaksimal mungkin melalui sembilan gudang milik Bulog”.

Related Articles